Selasa, 01 Mei 2012

Internet Jendela Dunia

asisten cantik
cantiknya asistenku


Pernah mendengar pepatah Buku adalah jendela dunia? Ya, seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi, beberapa orang termasuk saya berpendapat bahwa Internet juga adalah jendela dunia. Saat ini buku sudah bisa dibaca melalui internet. Apapun itu, saat ini internet menjadi suatu tren yang sangat digandrungi oleh sebagian besar orang di dunia. Berbagai kemudahan yang kita peroleh dari internet. Internet memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap ilmu pengetahuan dan pandangan tentang dunia. Jumlah pengguna Internet yang berkembang pesat, telah menciptakan budaya Internet.

Kalangan pelajar hingga pebisnis biasanya yang sangat menggantungkan diri terhadap internet. Kita sebagai netter tentu memerlukan sesuatu yang bisa menunjang kegiatan kita saat browsing. Setelah melakukan wawancara kepada beberapa netter, saya mendapat kesimpulan bahwa setiap netter wajib memiliki aplikas yang bisa menemani saat browsing internet. Asisten apakah yang dimaksud? Ya, tentu saja asisten yang dimaksud tidak seperti pada ilustrasi gambar di atas dan bukan asisten manusia seperti di kantor tertentu. Asisten cantik tersebut berupa aplikasi pendukung yang bisa kita manfaatkan untuk kelancaran browsing internet. Terutama saat proses upload dan download asisten ini biasanya berperan penting sekali. Mari kita pilih asisten cantik untuk diri kita sendiri. :) Berikut ini aplikasi yang biasanya digunakan oleh netter.


Nice Browser. Browser bisa dikatakan sesuatu yang memang identik dengan internet. Browser yang memiliki performa baik akan menunjang aktivitas kita saat browsing internet. Jadi, pemilihan browser sangat dianjurkan sesuai dengan kebutuhan atau kepercayaan kita. Contoh browser yang paling sering digunakan adalah Mozila Firefox dan Google Chrome.

Extension. Pemilihan extension disesuaikan dengan kebutuhan kita. Extension bisa disesuaikan dengan browser yang kita gunakan. Contoh, extension google chrome. Biasanya netter yang sering melakukan proses upload dan download akan menggunakan extension yang bisa membantu kelancaran proses upload dan download tersebut. Pilih extension yang sesuai dengan tujuan kita browsing. Satu contoh nyata lagi, beberapa blogger bisa menggunakan extension SEO FOR CHROME untuk melakukan pengecekan trafic blog dengan sekali klik.

Antivirus. Beberapa antivirus biasanya dilengkapi dengan fitur anti malware dan spyware. Jadi, dapat membantu kita dalam pencegahan virus. Sebisa mungkin kita juga harus rajin melakukan update asisten kita yang satu ini agar performa dalam mendeteksi virus tetap berjalan dengan baik.

Flashplayer. Pernahkah Anda mengunjungi warnet tertentu dan tidak terinstal flash player? Bila pernah, tentu Anda akan sedikit repot karena sewaktu-waktu saat Anda browsing dan menemukan webflash tentu tidak akan bisa ditampilkan. Anda juga tidak akan bisa melakukan video streaming. Nah, tidak ada salahnya bila Anda yang sering browsing internet di warnet, selalu siap sedia menaajak asisten yang satu ini. :)

Downloader. Terkadang bagi beberapa orang kurang puas dengan downloader yang sudah tersedia pada browser. Ada software yang bisa dikatakan populer dan banyak digunakan oleh para netter. Contoh, IDM. Software ini bisa membantu kita dalam proses download data-data yang ada di internet dengan kecepatan maksimum. Akan tetapi, kita dituntut untuk bijaksana menggunakan software ini di warnet karena software ini mampu menyerap bandwidth dalam jaringan internal pada komputer lain yang paralel dengan server. Dampak yang ditimbulkan adalah pada saat proses download berlangsung aktivitas browsing dalam jaringan menjadi lambat. Jangan egois dengan netter lainnya, ya? :) Akan tetapi bila Anda mempunyai akses internet di rumah secara pribadi, Anda bebas menggunakan software ini semaunya.


Saya rasa itulah asisten-asisten cantik yang wajib kita miliki untuk menunjang aktivitas kita saat browsing internet. Selebihnya mungkin masih ada lagi asisten non-wajib yang dipergunakan. :) Sampai saat ini saya masih setia dengan asisten-asisten cantik saya itu. Bagaimana dengan Anda? Tanpa bermaksud menggurui, semoga bermanfaat.

Sumber: arickzone.com