Rabu, 05 November 2014

Pelaku kejahatan Cyber Crime

Membedakan jenis pelaku kejahatan dunia maya (cyber crime)


di dunia maya kita pasti sering sekali mendengar yang namanya cyber crime, tapi tahukah kita ada beberapa julukan untuk orang-orang yang melakukan cyber crime dilihat dari cara mereka melakukan tindak kejahatan di dunia maya tersebut.


biasanya orang awam akan menyebutkan bahwa orang yang melakukan tindak kejahatan di dunia maya adalah hacker. tapi tahukah anda bukan hanya hacker saja yang melakukan tindak kejahatan didalam dunia maya? disini saya akan sedikit membahas beberapa jenis atau beberapa julukan yang diberikan kepada orang-orang yang melakukan tindak kejahatan di dunia maya berdasarkan cara mereka melakukan tindak kejahatan tersebut.

HACKER
hacker merupakan orang yang mempunyai keterampilan mengoperasikan/mengendalikan/menguasai komputer mencakup semua aspek mulai dari level dasar sampai level tertinggi baik dalam komputerisasi dasar, pemrograman dasar sampai dengan jaringan yang sangat rumit. Hacker umumnya JUSTRU tidak sangat ingin di publikasikan apalagi sampai menggembar-gemborkan dirinya adalah hacker. Justru hacker cenderung diam dan tertutup dengan status sosial yang sangat normal. Bahkan sangat tidak mungkin anda sangka seseorang yang pendiam dan lugu bahkan culun adalah seorang hacker (bukan berarti semuanya). Hacker umum-nya tidak merusak, mereka kebanyakan mencari informasi/data penting tingkat tinggi bukan untuk mencuri/kesenangan tapi lebih cenderung untuk mengetes, bukan mengetes kemampuan mereka tapi system yang sedang mereka hadapi. Kebanyakan hacker tidak sangat mudah di kalahkan karena mereka mampu menguasai dan memutar balik keadaan karena mereka bisa di anggap satu level dengan system.

CRACKER
Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.

PHERAKER
Phreaker, Mungkin jarang di Indonesia yang pernah mendengar kata ini. Phreaker ini sebenarnya hampir sama sifatnya dengan kracker dimana sama-sama menyukai GRATISAN. Bedanya Phreaker lebih fokus ke dalam bug jaringan/telekomunikasi. Contoh mudahnya orang bisa menelpon gratis padahal seharusnya berbayar, atau contoh lainnya seseorang menggunakan bug yang ada didalam sebuah perusahaan telekomunikasi (meskipun tidak diketahui bocornya informasi ini hasil sendiri atau diberi tahu orang dalam) itu adalah salah satu kegiatan phreaking dan orang yang melakukannya di sebut phreaker.

SCAMMER
Definisi SCAM
Scam atau dalam istilah asing disebut juga dengan confidence trick adalah perbuatan memanipulasi orang lain yang dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan orang tersebut terhadap si pelaku untuk mendapatkan keuntungan.

Scam atau penipuan, biasanya dilakukan dengan memanfaatkan kekurangan manusia seperti ketidakmampuan, ketidaktahuan, ketidakpahaman dan lain-lain. Para korban penipuan scam bukanlah orang bodoh, meraka dijerumuskan oleh pelaku yang mengeksploitasi kekurangan dan keluguan mereka.

Para pelaku SCAM atau SCAMMER hampir selalu berdalih bahwa mereka telah menjelaskan dengan lengkap, meski sebenarnya banyak yang disembunyikan. Sebagai analogi, cara seperti ini juga biasa dilakukan oleh para oknum salesman kartu kredit yang menyembunyikan biaya yang harus ditanggung oleh pemegang kartu, besarnya bunga, penghitungan bunga, dan penghitungan denda.

itulah sekilas tentang perbedaan jenis pelaku kejahatan dalam dunia maya, jadi sekarang kita bisa membedakan jenis pelaku ciber cryme dari cara mereka melakukan kejahatan itu sendiri.


Signature by           
                      DAENG LIRA