Rabu, 21 Agustus 2013

Berfikir, Berkata, dan Bertindak

Pikir dulu sebelum bertindak, jangan melakukan sesuatu yang anda tidak inginkan agar orang lain melakukannya pada anda. Janganlah memukul bila anda dapat membelai.



Gerak refleks, yang dilakukan secara otomatis tanpa memerlukan proses di otak, memang merupakan kelebihan manusia untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak biasa. Misalnya saat kulit kita terkena api, maka gerak refleks membuat kita otomatis menarik tangan dari sumber panas tersebut. Tetapi dalam berhubungan dengan orang lain, kita perlu melakukan hal yang sebaliknya : berpikir dulu sebelum berkata dan bertindak!




Latihlah agar kita selalu berpikir dengan otak (dan juga merasa dengan hati) untuk melakukan yang terbaik bagi orang lain dan tidak menyakitinya. Bila kita dapat melakukan atau memberi 100, maka janganlah hanya melakukan atau memberi sebanyak 50. Bila anda dapat membelai, mengapa harus memukul?



Kebiasaan ke lima untuk menjadi orang yang efektif menurut Stephen Covey adalah “seek first to understand, then to be understood”. Nah kebiasaan ini pun dapat kita terapkan dalam tindakan kita sehari-hari, yaitu “lakukanlah pada orang lain, hal yang anda harapkan orang lain melakukannya pada kita”. Prinsip inilah yang harus kita cermati dengan pikiran dan hati sebelum kita berkata dan bertindak. Amin …