Sabtu, 07 September 2013

SENYUM ADALAH IBADAH

Senyum adalah hidayah dari Allah SWT untuk semua hamba yang memancar seperti pijaran sinar alamiah yang memancar dari wajah – wajah makhluk ciptaan Allah SWT. Para pujangga menggambarkan bahwa senyuman itu seperti magnet yang memberikan kekuatan menarik perhatian bagi yang memandang dan di senyuman apabila di berikan denga tulus ikhlas akan tampak seperti pijaran sinar kemuliaan yang menyilaukan dan memberi terang aura bagi sipemilik senyuman itu sendiri

Sekedar memberi gambaran secara umum tentang makna senyum itu sendiri. Pertanyaan kita adalah mengapa senyum bisa membuat mata yang memandang terasa enak, nyaman ? bahkan membawa suatu kedamaian ?
Senyuman… lebih sering identik dengan bahagia…tapi…mengenal banyak orang membuat saya tersadar bahwa ada banyak hal justru disembunyikan di balik melalui sebuah senyuman…mereka yang selalu tersenyum tak selalu bahagia..mereka yang bahkan selalu tertawa tak selalu karena merasakan itu lucu…dari mereka lah saya belajar memahami..memahami lebih lagi sebuah senyuman..

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mencairkan suasana salah satunya seperti  itu tadi tersenyum. Tidak akan pernah ada ruginya sebuah senyuman, apalagi jika senyuman yang kita layangkan dibalas dengan senyuman kembali oleh orang yang kita tuju. Ada satu fakta lagi yakni dengan senyuman ternyata mampu membuat diri kita tampak lebih muda jika ditinjau manfaatnya dari sisi kesehatan.
mereka membuat saya tersadar…banyak beban ditanggung yg akhirnya membuat mereka lelah mengangkat dan lebih memilih tersenyum…banyak kekecewaan yg akhirnya membuat mereka tak mampu lagi menangis dan lebih memilih tersenyum..banyak kerinduan yg akhirnya buat mereka memendam rasa itu sendiri dan lebih memilih tersenyum…banyak kelemahan yg akhirnya buat mereka semakin kuat dan lebih memilih tersenyum…dan banyak hal lain yg sebenarnya tersembunyi di balik senyuman itu…terima kasih untuk senyuman kalian…senyuman kalian bisa membuat orang lain tersenyum meski hati kalian sebenarnya perih…senyuman kalian bisa membuat orang lain kuat meski kalian pun sama lemahnya dengan mereka..
 
Banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan dengan tersenyum. Ada sebuah hadis pula mengatakan “ Senyum adalah ibadah” tuh kan betapa beruntungnya manfaat senyum. Dalam posisi apapaun senyuman setidaknya mampu  menutupi rasa sakit hati atau sedih, percaya kan? Kao saya sih percaya karena sesuatu yang tampak di dalam bisa dibohongi dengan apa yang tampak diluarnya.
terkait dengan sistem nilai seyogyanya kita tidak memberikan senyum yang mengarah atau “tatapan mata yang mengundang“. karena hal ini akan menjadi cikal bakal mala petaka, fitnah dan hal-hal yang tidak kita inginkan. Bermurah senyum tidak berarti harus melanggar sistem nilai.

Demikian sedikit gambaran tentang arti senyuman. Hidup ini akan akan lebih indah apabila kita mampu mengaplikasikan senyuman tersebut kedalam hiasan kehidupan sehari-hari. Seperti air telaga bening yang tertimpa sinar Surya, begitulah ketulusan hati dan jiwa seseorang akan terpancar dari senyum yang ditunjukkan apabila dilakukannya dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Laksana kilauan cahaya diantara gelap senantiasa memberi terang kepada keadaan sekitarnya. Seperti hamparan rerumputan hijau menyejukan mata. Sungguh senyuman adalah penghilang dahaga bagai siraman air diantara padang yang tandus. Memberi sejuk dan damai. Subhanallah! Agar kiranya kita senantiasa bersyukur ttg segala sesuatu yang sudah Allah SWT beri untuk kita jalani dan mohon kepada- NYA agar apa yang kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari menjadi bekal ibadah di akherat kelak. Amin. Wass

Signature by           
                      DAENG LIRA