Selasa, 15 Oktober 2013

NGERAWAT ANDROID


Iseng aja nyari Artikel tentang Android, ini di sebabkan karena ada teman yang memiliki android yang lemot, akhirnya nemu artikel ini ... ya sutralah di copas saja ke Blog ini


Cara Membersihkan Cache Pada Memori Android – Tidak hanya komputer yang harus dirawat dengan baik, Android juga harus dirawat dengan baik supaya kinerja Android selalu optimal. Salah satu caranya adalah dengan membersihkan  cache. Cache berguna untuk mempercepat pembukaan aplikasi yang sudah pernah dibuka sebelumnya. Meski begitu cache harus selalu dibersihkan agar kinerjanya selalu optimal karena salah satu penyebab Android lambat adalah terlalu banyak cache di memori Android. Pertama memang hanya sedikit, tapi lama-kelamaan pasti akan menjadi besar dan membebani memori Android.  Ada banyak aplikasi pembersih cache yang bisa di download secara gratis di Google Play Store salah satunya History Eraser. Tapi sebelum membahas tentang cara menghapus cache dengan bantuan aplikasi, saya akan menjelaskan bagaimana cara menghapus cache secara manual atau memanfaatkan yang sudah ada pada Android.

Menghapus cache tanpa Aplikasi

Cara yang pertama tidak menggunakan aplikasi, cara ini memang membutuhkan waktu yang lama karena menghapus cache pada aplikasi satu persatu.
Caranya masuk ke Setting > Applications > Manage Applications > Pilih aplikasi yang akan dihapus cachenya. Seperti contoh dibawah, saya ingin menghapus cache Google Play Store.
Android+Setting
Menghapus cache dengan bantuan aplikasi

Berikut aplikasi terbaik untuk menghapus cache menurut saya:

1. History Eraser
Fungsi Aplikasi ini sangat sederhana.  Anda tinggal mencentang pada Clear All Apps Cache kemudian clean. Anda juga bisa membersihkan pada History yaitu Browser (default only), Google Play Store, Google Map Search, Gmail Search, Clipboard.  Tidak hanya itu anda juga bisa membersihkan Call Log yaitu, Frequently called, Missed Called, Incoming Call, Out Going Call. Juga Pada SMS/MMS yaitu Sent SMS/MMS, Receive SMS/MMS, SMS/MMS  Draft, Failed SMS/MMS. Dan pada Other yaitu Youtube (assist), Search Shortcuts (assist).
history+eraser+pro
History Eraser Pro


2. Super aTool Box-Cache Batery
Aplikasi ini juga tidak kalah dengan aplikasi History Eraser karena sudah banyak di download oleh para pengguna Android. Fungsinya sama yaitu untuk membersihkan cache pada Android tetapi tidak seperti History Eraser, aplikasi ini lebih detail karena memuat daftar aplikasi yang menggunakan data cache lengkap dengan ukurannya. Anda bisa memilih Aplikasi yang ingin anda bersihkan cachenya.

super+a+tool+box-cache+batery
Super aTool Box-Cache Batery

Tidak hanya untuk membersihkan cache,  aplikasi ini juga dilengkapi dengan memory/cpu (untuk mengetahui memori yang terpakai dan yang tidak terpakai/bebas), battery safer (pengaturan untuk meinimalkan penggunaan baterai), Installer (untuk menginstall aplikasi yang ada di SD Card dan bisa juga untuk backup aplikasi), Uninstaller (untuk menguninstall aplikasi di Android dan juga bisa untuk backup aplikasi yang suddah terinstall), App2SD (untuk memindahkan aplikasi yang terinstall di memori internal ke SD Card dan juga untuk melihat aplikasi yang terinstall di memori internal dan SD Card), Task Killer (untuk menutup aplikasi yang berjalan di background), Setting (untuk mengatur hidup/mati wifi, wifi hotspot, mobile data, bluetooth, auto sync data, GPS  receiver, airplane mode, screen timeout, ringer, volume control, dan auto rotation), dan File Manager (untuk mengatur file).  Anda bisa download super tool box secara gratis di Google Play Store.

super+a+tool+box-cache+batery+1
Super aTool Box-Cache Batery
Sekarang bagaimana?? Anda pasti sudah bisa bisa membersihkan cache pada Android Anda. Sangat mudah bukan caranya.


Signature by           
                      DAENG LIRA