Senin, 26 Agustus 2013

KOPI


Kopi sejak dulu menjadi minuman orang Indonesia. Tanaman kopi pun merupakan tanaman yang tumbuh subur dan melimpah di negara kita ini. Orang Aceh hingga orang Papua tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Biasanya diminum pagi hari atau malam hari, kopi dapat menghangatkan badan dan membuat badan terasa segar. Orang-orang yang minum kopi merasakan bahwa minuman ini mengandung manfaat bagi dirinya.
Anggapan tersebut ternyata sejalan dengan penelitian-penelitian tentang efek dari minum kopi. Beberapa penelitian ilmiah yang meneliti pengaruh minum kopi terhadap kesehatan tubuh manusia memberitakan kabar yang menegaskan anggapan bahwa minum kopi bermanfaat bagi kesehatan. Tidak itu saja, penelitian itu juga menghasilkan temuan yang mengejutkan: minuman kopi dapat mengurangi risiko orang untuk bunuh diri! Sementara penelitian yang lain menyatakan bahwa minuman kopi dapat membuat orang lebih pintar!
Mari kita simak satu demi satu manfaat kopi dari beberapa penelitian ilmiah yang dilakukan oleh lembaga peneliti yang berbeda. Namun, sikap bijaksana diperlukan dalam menyikapi hasil-hasil temuan itu secara cermat. Karena, penyimpulan naif bisa saja kita lakukan sehingga timbul keyakinan, misalnya kita menyimpulkan bahwa kopi secara otomatis membuat kita lebih cerdas kemudian tanpa mempertimbangkan secara mendalam kita minum kopi sebanyak mungkin.
Inilah manfaat-manfaat minuman kopi:
  1. Kopi dapat membantu melawan depresi. Sebuah studi bersama dari National Institutes of Health dan AARP menemukan bahwa orang-orang yang meneguk empat cangkir kopi atau lebih sehari adalah 10 persen lebih sedikit kemungkinannya mengalami depresi daripada seseorang yang tidak minum kopi sama sekali . Anehnya, manfaat kesehatan mental yang sama tidak meluas ke minuman berkafein lainnya - khususnya cola, yang dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih tinggi (mungkin karena kadar gula tinggi). Oleh karena itu, peneliti menyarankan kopi “efek mengangkat suasana hati mungkin ditelusuri antioksidan nya,” laporan Preventions.
  2. Orang dewasa yang minum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk bunuh diri. Sebuah penelitian besar-besaran dari Harvard School of Public Health menemukan statistik menakjubkan: Minum dua sampai empat cangkir kopi sehari mengurangi risiko bunuh diri pada pria dan wanita sebesar 50 persen. Peneliti menyisir data kesehatan terhadap lebih dari 100.000 pria dan wanita, dan ditemukan bahwa kafein sebagai penambah suasana hati utama di dalam kopi. Namun demikian, para peneliti mengingatkan bahwa minum lebih dari empat cangkir, mungkin benar-benar terbukti merugikan kesehatan mental Anda, seperti ditemukan dalam sebuah penelitian terpisah di Finlandia yang menyimpulkan bahwa orang yang minum delapan sampai sembilan cangkir sehari sebenarnya lebih berisiko bunuh diri daripada mereka yang minum dalam jumlah yang lebih sedikit .
  3. Kopi mungkin baik untuk hati Anda. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kafein membantu hati mengatur sendiri kinerjanya. Penelitian yang disajikan oleh Mayo Clinic menemukan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko seseorang dari primary sclerosing cholangitis (PSC), penyakit autoimun langka yang dapat menyebabkan sirosis hati, gagal hati, dan bahkan kanker. Tetapi itu tidak mutlak. Sebuah studi yang lain yang dilakukan selama 22 tahun pada 125.000 orang menemukan bahwa peminum kopi berat yang mengonsumsi satu cangkir kopi sehari 20 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan sirosis alkoholik. Sekali lagi, manfaat kesehatan tidak meluas ke minuman berkafein lainnya, termasuk teh.
  4. Kopi dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Penggunaan ekstrak biji kopi hijau naik drastis ketika Dr Oz menyatakan di acaranya yang bertajuk “Membakar Lemak dengan Cepat” tanpa diet tambahan atau olahraga. Tetapi apa maknanya? Biji kopi hijau adalah benih yang belum dipanggang, sehingga melestarikan senyawa yang disebut asam klorogenat yang hilang ketika dipanaskan. Meskipun penelitian terbatas telah dilakukan pada ekstrak, dan tidak ada efek samping serius yang dilaporkan dalam studi klinis, WebMD memperingatkan bahwa penelitian penurunan berat badan yang sebenarnya sejauh ini adalah masih meragukan. Sementara dinyatakan bahwa produk kafein umumnya membantu menekan nafsu makan, Mayo Clinic menunjukkan bahwa hasil kehilangan air dari konsumsi kafein atau pembakaran kalori melalui thermogenesis - ketika tubuh Anda menghasilkan panas dan energi dari mencerna makanan - tidak permanen. Ketika terjadi penurunan berat badan, kafein harus dipandang sebagai suplemen, dan bukan obat manjur untuk itu.
  5. Kopi adalah pendorong gairah yang legal. Bukan rahasia lagi bahwa atlet dan pelatih telah lama menggunakan kopi untuk meningkatkan prestasi olahraga sebelum berkompetisi. Kafein, khususnya, “telah terbukti meningkatkan jumlah asam lemak yang beredar dalam aliran darah,” lapor The New York Times, “yang memungkinkan orang untuk berlari bertambah cepat lagi.” (Satu studi menunjukkan bahwa sebanyak dua pertiga dari atlet Olimpiade ditemukan kafein dalam urin mereka.) Jadi, berapa banyak yang harus Anda minum sebelum berkompetisi? Para peneliti di Coventry University di Inggris menemukan bahwa rasio peningkatan kinerja tampaknya dalam 6 miligram kafein untuk setiap 1 kg berat badan. Untuk rata-rata orang, itu sekitar dua cangkir.
  6. Kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe II. Ditemukan bahwa mengkonsumsi tiga sampai empat cangkir kopi sehari berhubungan dengan risiko 25 persen lebih rendah terkena diabetes tipe II, demikian laporan Science Daily. Namun para peneliti tidak dapat menyimpulkan efek kausal antara kopi dan penyakit eksplisit. Mereka berpikir penurunan risiko mungkin ada hubungannya dengan kemampuan asam klorogenat dan alkaloid trigonelina untuk mengurangi glukosa awal dan respon insulin.
  7. Ini dapat menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson. Ya, kopi dapat membantu pikiran Anda tetap tajam seiring pertambahan usia dengan memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko sampai 60 persen lebih rendah dari Alzheimer dan demensia, dan minuman ini dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena Parkinson sebesar 32 hingga 60 persen, laporan Lifehacker.
    Kenapa? Chuanhai Cao, ahli saraf di University of South Flordia, memiliki teori Cao WebMD bahwa kafein “menghambat produksi beta-amyloid,” protein yang telah terbukti berkembang di otak orang dengan penyakit Alzheimer.
  8. Kopi bahkan mungkin membuat Anda lebih pintar. Temuan penelitian telah menunjukkan bahwa kafein - yang menghambat neurotransmiter di otak yang berhubungan dengan tidur - sementara dapat meningkatkan kemampuan kognisi, terutama ketika Anda tidak cukup tidur. “Saat Anda kurang tidur dan Anda meminum kafein, cukup banyak membuat Anda membaik” kata Harris Lieberman, seorang psikolog penelitian untuk militer, kepada CNN pada tahun 2006. “Waktu reaksi, kewaspadaan, perhatian, penalaran logis -. Sebagian besar fungsi kompleks berkaitan dengan kecerdasan.
  9. Kopi dapat menangkal kanker kulit. Jadi kopi tidak hanya bagus untuk mengelola suasana hati Anda, berat badan, dan saraf, tetapi juga dapat menurunkan risiko terkena karsinoma sel basal - jenis kanker kulit yang paling umum. Sebuah studi bersama antara Brigham dan Rumah Sakit Wanita dan Harvard Medical School dilakukan terhadap 112.897 pria dan wanita selama periode 20-tahun. Apa yang mereka temukan? Wanita yang minum kopi tiga cangkir atau lebih dalam sehari, misalnya, jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengidap kanker kulit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.