Minggu, 11 Agustus 2013

Sepenggal makna dari Saling Memaafkan

Buka Lembaran Baru Yuk! 
Tak terasa sudah berlalu saja hari idul fitri. Lebaran, saling mengunjungi keluarga, sudah terlewati. Bahkan seekarang hari senin. Dimana rutinitas sudah kembali seperti biasa. Lelah-lelah silaturahmi. Lelah-lelah mencoba menghilangkan dendam dengan maaf. Lelah-lelah makan banyak, hehe. Nah, di hari Minggu ini, kami mengajak kamu untuk mencoba membuka lembaran baru. Yuk…

Salah satu hal yang paling utama kita lakukan dalam silaturahmi hari lebaran bukanlah soal makan-makannya. Atau soal mendapatkan uang THR. Atau bahkan bukan juga soal baju baru, celana baru, sepatu baru. Karena kita sadar bahwa hidup memang cukup banyak dosa beberapa bulan terakhir bukan? Setidaknya hampir 1 tahun kemarin kita mendapati diri kita jatuh dalam kegiatan dosa yang tak bermanfaat. Disini, yuk kita buka lembaran baru.

Buka lembaran baru dalam hatimu. Seperti membuka kertas kosong. Berarti segala bentuk dendam tak termaafkan dalam setahun terakhir harus kamu hilangkan. Terhadap teman-teman yang sekarang menjadi musuh. Terhadap saudara jauh. Terhadap siapapun itu. Lepaskan beban dendam karena hanya akan mengambil porsi pikiranmu untuk lelah tak berguna. Biarkanlah berlalu bersama hari yang fitri kemarin.

Cobalah memaafkan ayah dan ibu. Atau jika belum sempat meminta maaflah kepada mereka sekarang. Atau bagimu yang ayah dan ibu telah tiada, bisa ke pusaranya sekarang. Segerakan untuk melepas gundah dihatimu. Jika tetap tidak bisa, doakanlah dari tempatmu, doakanlah mereka yang lama, agar doamu tentang inginmu atas kebaikan mereka semua tercurahkan pada Tuhan.

Nah, lembaran baru kosong itu mau kamu isi apa? Yuk, isi dengan rencana-rencana jangka pendek dulu saja. Pikirkan apa saja yang ingin kamu raih dalam waktu dekat ini. Dalam waktu sebulan, 3 bulan, 6 bulan, dan setahun ini. Buat rencana itu sebaik mungkin. Kemudian cobalah untuk menepati rencana itu. Karena perasaanm sudah lebih bersih. Hatimu sudah lebih memaafkan. Jadi lembaran baru kosong itu akan terisi dengan hal-hal positif yang bisa membuatmu lebih baik dari setahun yang lalu.

Selain itu, cobalah untuk lebih bisa mengontrol emosi, pikiran, dan perasaan. Kita ingin menjadi lebih baik kan dari setahun kemarin? Jadi coba ingatlah apa perbuatan kita yang menyinggung orang lain. Jujurlah terhadap diri sendiri. Itu sangat baik bagimu, untuk dapat mencoba jadi lebih baik dengan menghilangkan sikap-sikap dan kebiasaan buruk di setahun yang lalu.

Tidak susah. Jangan berpikir hidup ini susah.kami  berpesan, hidup susah itu karena kita terlalu panjang keinginan. Terlalu muluk-muluk keinginan. Tapi tidak ada daya, upaya, usaha, kerja keras yang kita lakukan untuk mencapainya. Oleh karena itu, buatlah keinginan yang dapat kamu raih setahun ini. Agar kebahagiaan itu terasa mudah diraih. Untuk rencana jangka panjang, tentu tetapkanlah keinginan, mimpi, dan cita-cita yang tinggi. Namun buatlah itu juga mudah diraih dengan tahun-tahun yang dilewati merupakan jalan kecil yang sedang kita bangun.

Semangat ya untuk membuka lembaran baru kehidupan ini. semoga bisa bermanfaat hidup kita dalam waktu setahun kedepan. Aamiin…